Sosis Buntel Ikan, Kreasi Olahan Sosis yang Bakal Jadi Rebutan Anak

Anak-anak pasti suka dengan makanan yang bentuknya unik dan menarik, bukan? Pasti dong, jadi enak saja tidak cukup untuk anak-anak karena kalau disuruh memilih, mereka pasti akan lebih memilih jajanan dengan bentuk yang unik. Jadi mau dibuat dari bahan sederhana sekalipun, asal bentuknya unik pasti bakal disukai anak-anak. Disini kita akan bagikan jajanan dari bahan sederhana banget, yakni Sosis dan kulit lumpia/pangsit yang kemudian dibuat dalam bentuk ikan. Yang unik dari jajanan ini adalah bentuk ikannya lucu karena dibuat dari anyaman kulit pangsit dan dalemannya ada potongan sosis yang ditusuk dengan sujen. Untuk matanya, saya menggunakan nori kering atau bisa diganti dengan bahan apa saja yang ada di sekitar kita, misalnya : biji ketumbar, wijen hitam, dan lainnya. Makan sosis buntel ikan akan semakin lengkap jika ditambahkan cocolan saus sambal/mayonnaise.
sosis buntel

Penasaran bagaimana cara membuat Sosis Buntel Ikan yang enak, simak resep dan cara membuatnya berikut ini :

Bahan-bahan yang dibutuhkan :


  • 250 gr Kulit lumpia/pangsit
  • 3 bh sosis, belah menjadi dua

Pelengkap :


  • 1 btr putih telor (untuk olesan) boleh diganti air
  • 1 lembar rumput laut kering/nori (untuk matanya)
  • Saus sambal/mayonnaise

Cara Membuat :

  1. Siapkan kulit lumpia, letakkan sosis yang sudah ditusuk dibagian tengah kulit pangsit, lalu gunakan pisau untuk membuat pola di samping kanan dan kiri
  2. Olesi kulit pangsit bagian kanan/kiri dengan putih telor
  3. Lipat secara bergantian bagian kanan dan kiri sehingga menutup sosis dengan sempurna
  4. Bagian ekor, berikan sayatan kecil agar terlihat mirip buntut ikan
  5. Oleskan putih telor bagian kepalanya, kemudian tempelkan rumput laut untuk matanya
  6. Panaskan minyak, goreng Sosis buntel hingga matang dan kering kecokelatan
  7. Sajikan Sosis buntel dengan saus sambal/saus favorit Anda

Kalau dijual, Harganya berapa?

Menurut saja, jajanan ini modalnya sangat minim, karena itu bisa dijual dengan harga 1.000.

Apa nggak rugi?

Saya rasa nggak, secara kita menggunakan sosis ukuran kecil yang harganya kalau di grosir nggak nyampe 1000-an, sementara kulit pangsit saya beli 250 gr cuman 2.500 dapat lebih dari 10 lbr (kalau beli jumlah banyak bakal lebih murah). Lebih untung lagi kalau jualannya divariasikan dengan jajanan lainnya yang sejenis.

Apa Jajanan Ini bisa dibuat Froozen food?

Kulit pangsit/lumpia mentah memiliki rasa gurih kalau fresh, tapi ketika dibiarkan lama akan berubah bau dan rasanya, misalnya jadi asam. Solusinya agar bisa jadi froozenfood, setelah dibentuk menjadi ikan, kita bisa kukus sebentar atau boleh digoreng setengah matang, baru dech disimpan dalam kemasan. Jajanan ini bisa digoreng kapanpun dibutuhkan.
Hem, saya rasa cukup sekian ya, semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi kita semua. Terima kasih banyak dan mohon maaf jika ada kurangnya.

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
Related Posts
Disqus Comments