Sempol Ayam Krispy, Sensasi Baru Makan Sempol Enak Renyah dan Super Gurih, Buatnya Gampang Banget

Suka ngemil jajanan Sempol Ayam? Sempol ayam termasuk jajanan yang ngehits di kalangan anak-anak jaman now. Sempol biasanya digoreng bareng kocokan telor hingga keriting, namun disini kita akan membuat sempol dengan cara yang beda, yakni sempol ayam krispy. Sebenarnya cara membuatnya nggak jauh beda dengan sempol ayam pada umumnya, hanya saja ada penambahan panir saat pembuatannya. Dan cara menggorengnya juga lebih praktis, karena nggak perlu mencelupkan pada kocokan telor, langsung goreng saja hingga kering kecokelatan dan renyah. Jadi untuk tampilannya, sempol ayam krispy juga lebih cantik, mirip nugget. Sempol ayam krispy bisa dijual dari harga 500 – 1000 rupiah, tinggal disesuaikan saja dengan ukurannya.



Pengen tahu gimana cara buat sempol ayam krispy, simak langsung resep cara buatnya berikut ini :

Bahan-bahan yang dibutuhkan :

  • 500 gr ayam bagian dada (potong dadu)
  • 500 gr Tepung kanji/tapioca/aci
  • 3 btg daun bawang, iris kasar (boleh skip kalau nggak suka)
  • 3 siung bawang putih, haluskan
  • 1 sdm garam
  • ½ sdm gula pasir
  • Merica bubuk, sejumput
  • Kaldu bubuk/penyedap rasa, secukupnya
  • 2 btr telor (satu untuk adonan, satu untuk panir, kalau nggak suka di adonan boleh skip ya)
  • 200 gr tepung panir
  • 1 gelas air 

Pelengkap :

  • Saus sambal (kalau dijual boleh pakai saus curah yang harganya murah, kemudian dibumbui cabai dan bawang putih)

Cara Membuatnya :

  1. Campurkan daging ayam, bawang putih halus, 1 btr telor, garam, gula pasir, merica bubuk dan kaldu bubuk dalam food processor/blender, giling hingga halus. (kalau diblender, boleh tambahkan air es secukupnya)
  2. Setelah halus, masukkan tepungnya dan air setengah gelas kemudian giling hingga tercampur rata. (sisakan tepungnya kira-kira 3-4 sdm, ya untuk baluiran agar tidka lengket atau bisa juga ditambahkan saat adonan agak lembek) (oiya, untuk yang pakai blender, pencampuran tepung diluar aja ya, jadi setelah ayam halus, masukkan wadah dan campur dengan tepung hingga merata)
  3. Ambil adonan, kemudian lilitkan pada tusuk sempol secara merata sambil disihkan air ya, jadi setelah sempol selesai dibentuk bisa langsung masukkan sempolnya kedalam air rebusan
  4. Rebus sempol hingga mengapung, angkat dan tiriskan
  5. Campurkan telor, air setengah gelas dan tepung kanji/terigu 2 sdm, aduk merata. Lalu celupkan sempol kedalamnya, gulingkan dalam tepung panir sambil dipencet-pencet agar panir melekat kuat. Diamkan dalam kulkas selama 20-30 menit, lalu goreng dalam minyak panas hingga matang dan kering kecokelatan
  6. Sempol ayam krispy siap disajikan bareng saus sambal favorit
Hem, ternyata membuat smepol ayam krispy tidaklah sesulit yang dibayangkan yaa…. Semoga bermanfaat!




Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
Related Posts
Disqus Comments