Jangan Salah, Ini Kegunaan Baking Powder, Baking Powder Double Acting, Baking Soda & Fermipan

Pernahkah Anda kebingungan membedakan antara baking powder, baking powder double acting, baking soda dan fermipan? Jika ya, maka sudah saatnya Anda pelajari karena bahan-bahan ini sangat penting dan sering digunakan dalam membuat kue/roti. Meski sama-sama berfungsi sebagai pengembang kue, namun ketiganya memiliki perbedaan yang kadang membuat seseorang bingung dalam menentukan pilihannya. 
beda baking soda/baking powder dan fermipan
Agar tidak salah pilih, maka disini kita akan bagikan informasi tentang apa itu baking powder, baking powder double acting, baking soda dan fermipan serta kegunaannya.

Baking powder

Baking powder merupakan pengembang kue/cake yang terbuat dari campuran sodium bicarbonate, fosfat, sodium alumunium dan monocalsium fosfat.  Baking soda akan membentuk karbondioksida ketika bertemu air dan dipanaskan. Kondisi inilah yang kemudian membuat kue jadi mengembang. Baking powder ini dibagi menjadi dua, yakni baking powder single acting dan baking powder double acting. Keduanya memiliki fungsi sama sebagai pengembang kue, namun ada perbedaan penting yang harus Anda ketahui, yakni :
•    Single-acting baking powder biasanya diaktifkan dengan air/cairan. Jika menggunakan baking powder single, Anda harus segera memproses kue setelah dicampurkan menjadi adonan karena akan langsung bereaksi membentuk gelembung gas. Kalau Anda masih menunda memasak kue/cake, maka bisa dipastikan kue tidak akan mengembang lagi karena lebih cepat mati dalam suhu ruang. Merk baking powder single, antara lain : koepoe-koepoe dan pesawat angkasa.
•    Double-acting baking powder lebih bagus karena bisa bereaksi dalam dua tahapan, yakni pada saat ditambahkan dalam adonan di suhu ruang dan pada saat dipanaskan (dipanggang, kukus atau oven). Baking powder DA ini lebih cocok digunakan Anda yang baru belajar membuat kue (karena kadang masih mempelajari resep, jadi adonan dibiarkan lama di suhu ruang) atau untuk penjual yang kadang menunggu pembeli baru memproses adonan.  Merk untuk baking powder double-acting baking powder antara lain : royal, Hercules.

Baking Soda/Soda Kue

Soda kue biasa disebut baking soda yang merupakan komponen baking powder yang didalamnya terkandung sodium bicarbonat. Soda kue kegunaannya sama dnegan baking powder, yakni mengembangkan kue. Biasanya keduanya dipakai bersamaan dalam pembuatan kue kering karena soda kue memberikan tekstur kering dan renyah pada kue. Karena itu kalau untuk membuat cake, sebenarnya baking powder/baking powder DA saja sudah cukup, karena kadang soda kue memberi rasa getir/pahit pada kue. Merk baking soda dipasaran ada Koepoe-Koepoe, Pesawat Angkasa dan  Arm & Hammer.

Fermipan

Fermipan merupakan salah satu merk ragi instan atau yeast. Ragi instan bermanfaat juga sebagai pengembang kue/roti. Ragi instan memiliki bentuk butiran dan sangat praktis pemakaiannya karena tidak perlu dilarutan dalam air tapi bisa langsung dicampurkan kedalam bahan kering. (tapi jangan campurkan garam karena dapat mematikan proses pengembangan kue atau roti).

Penting :

  • Pilih single atau double acting? Boleh disesuaikan dengan kebutuhan, kalau cumin sedikit adonan tanpa harus ngantre dalam proses memasak, single acting sudah bagus, tapi kalau adonan untuk jualan yang harus antre proses memasak, sebaiknya pakai yang double acting.
  • Tekstur baking soda dan baking powder beda, baking powder lebih halus, sementara soda kue kasar. Kalau kebanyakan baking powder, kue akan mekar banget tapi kalau kebanyakan soda kue maka kue akan berbau menyengat serta rasanya agak pahit/getir.
  • Baking powder dan soda kue bisa saling menggantikan? Meski hampir sama, namun baking powder tidak bisa menggantikan soda kue, misalnya dalam kue kering. Sementara dalam kondisi terpaksa, soda kue masih bisa menggantikan posisi baking powder.
Semoga setelah membaca informasi ini, Anda tidak lagi salah dalam memilih mana baking powder, baking powder double acting, soda kue atau fermipan.

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
Related Posts
Disqus Comments