Segarnya Bikin Nagih, Ternyata ini Rahasia Enak Cara Buat Es Cincau Gula Gendeng/Merah

Pernah mencicipi segarnya es Cincau gula gendeng atau Es Cao? Disebut gula gendheng karena gula merah ini gagal cetak sehingga teksturnya jadi mirip gula halus. Meski gagalcetak, namun gula merah/gula gendeng ini memiliki rasa dan aroma yang lebih segar sehingga tak mengherankan jika banyak yang tergila-gila sama minuman satu ini. Es cincau gula gendeng banyak dijual di warung-warung atau pinggir jalan loh. Harganya yang ramah di kantong membuat minuman satu ini banyak diburu pelanggannya. Ternyata banyak yang tidak tahu bagaimana cara membuat Es Cincau gula gendheng loh, padahal caranya sangat mudah dan super praktis.  Disini kita akan membagikan resep es cincau yang segar untuk teman-teman semua.



Pengen tahu bagaimana cara membuat Es Cincau Gula gendheng ala mama punya cerita? Langsung simak resep cara buatnya berikut ini :

Bahan-bahan yang dibutuhkan :

  • Cincau hitam secukupnya
  • 250 gr Gula gendeng/gula merah bubuk
  • 200 gr gula pasir (boleh ditambah jika ingin hasilnya lebih manis/banyak)
  • 2 lbr daun pandan
  • 1 sachet Susu kental manis putih (optional)
  • Es batu, secukupnya
  • 700 ml Air

Cara Membuatnya :

  1. Siapkan panci, lalu masukkan daun pandan dan air
  2. Masukkan gula pasir dan gula gendheng, aduk-aduk merata, baru nyalakan api kompornya
  3. Aduk-aduk hingga mendidih dan tanak (jika ingin hasilnya kental, boleh tambahkan CMC ya)
  4. Setelah syrup gula merah dingin, saring dan masukkan dalam wadah
  5. Serut cincau menggunakan parutan keju, tambahkan air hingga terendam
  6. Sajikan es cincau : masukkan es batu dalam gelas, tuang syrup gulanya, lalu tambahkan cincau dan tambahkan susu kental manis putih agar tampilannya makin menarik
  7. Es Cincau gula gendheng siap disajikan
Hem, ternyata dibalik kesegaran es cincau gula gendheng ada trik yang tak banyak diketahui banyak orang. Sebagian orang mengira kalau saus gula merah pada es cincau adalah gula merah biasa, padahal gulanya adalah gula gendheng. Semoga informasi ini bermanfaat bagi teman-teman semua.

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
Related Posts
Disqus Comments