Mudah Banget, Begini Cara Buat Cream Cheese Untuk Minuman Kekinian

Apa yang terbayang dibenakmu saat mendengar kata cream cheese?  Cream cheese merupakan krim lembut yang terbuat dari keju, biasanya dijadikan toping kue dan minuman kekinian. Namun sayangnya tak semua orang bisa dengan mudah mendapatkan cream cheese, kalaupun ada juga harganya lumayan mahal. Tapi jangan khawatir, karena Anda bisa membuat cream cheese sendiri di rumah menggunakan bahan-bahan sederhana. Meski berasal dari bahan-bahan sederhana, namun hasilnya nggak kalah enak dengan buatan pabrik loh… Caranya sangat mudah banget sehingga siapapun bisa langsung mempraktekkannya di rumah.
cream cheese home made
Penasaran bagaimana cara membuat Cream cheese lembut untuk kue atau minuman kekinian? Langsung aja simak resep cara membuatnya berikut ini :

Bahan-bahan yang dibutuhkan :

  • 1 bgks Keju cheddar olahan
  • 200 ml Susu UHT full cream
  • 1 sdm tepung maizena

Cara membuatnya :

  1. Parut keju menggunakan parutan biasa (serut), sisihkan
  2. Rebus air dalam panic, lalu gunakan wadah tahan panas untuk meng-tim 
  3. Masukkan parutan keju dan susu UHT, aduk-aduk hingga larut
  4. Larutkan tepung maizena, lalu tambahkan kedalam larutan keju, aduk-aduk
  5. Setelah mengental dan lembut, angkat
  6. Saring keju agar hasilnya semakin halus dan lembut, jika memiliki blender/mixer juga bisa digunakan agar hasil lebih lembut

Mudah banget khan cara membuat Cream cheese sendiri di rumah. Teman-teman bisa langsung menggunakan cream cheese sesuai kebutuhan loh, misalnya dijadikan olesan kue, dessert, toping minuman atau yang lainnya.

Cara Mengaplikasikan cream cheese 

Cream cheese buatan Anda bisa langsung digunakan untuk olesan kue. Jika ingin disimpan, segera bungkus dalam prastik cling wrap dan wadah tertutup agar awet. Namun jika Anda berminat menggunakan dalam minuman kekinian, misalnya cheese tea atau yang lainnya, simak resep dan caranya berikut ini :

Cheese tea

Cara membuat foam cream cheese :
Campur 2 sct susu kental manis dan 5-6 sdm cheese cream, mixer hingga putih
Jika ingin hasilnya lebih banyak, Anda bisa menambahkan pengembang kue 1 sdt.
Cara penyajian : buat es teh seperti biasa, lalu beri toping cream cheese di bagian atasnya

Cara Membuat Matcha Cheese

Larutkan bubuk matcha dalam air hangat, lalu tambahkan es batu. Terakhir tambahkan toping foam cheese cream yang lembut, sajikan

Avocado cheese

Buat jus alpukat seperti biasa, kemudian berikan es batu dan toping chease cream serta taburan bubuk cokelat.
Mudah banget ya membuat minuman kekinian dengan toping cheese cream yang gurih? Semoga informasi diatas dapat bermanfaat bagi kita semua.

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
Related Posts
Disqus Comments