Tips Cara Benar Menyimpan Keju Agar Tidak Rusak

Kreasi Mama Punya Cerita - Anda suka menikmati sensasi lezatnya keju? Keju memiliki rasa gurih serta tekstur lembut dan aroma khas yang enak. Tak mengherankan jika banyak makanan yang menjadikan keju sebagai campuran kue atau makanan. Keju memiliki banyak jenis, dari mulai yang teksturnya padat, cair, lembek dan lumer.  Bagi Anda penggemar keju, pastilah Anda wajib memiliki persediaan keju dalam jumlah banyak, bukan? Keju harus disimpan dengan benar agar awet dan tidak mudah rusak. Kerusakan keju yang biasa terjadi antara lain : berjamur, kering, bau menyengat, dan kerusakan lainnya. Jajanan Kekinian, Martabak Pislor yang Mantab Banget di Lidah. Ini Resep Cara Buatnya
cara menyimpan keju

Keju rusak tidak mungkin dipakai lagi, karena takutnya dapat menyebabkan masalah kesehatan serius. Sayang banget khan jika keju yang dibeli mahal-mahal harus berakhir di tempat sampah hanya karena salah penyimpanan. Nah, agar tidak salah menyimpan keju, simak tips dan resepnya berikut ini : Resep Cara Buat Bubur Sumsum Candil Mutiara, Enak Gurihnya Nyatuu Banget

Simpan keju sesuai jenisnya

Keju ada banyak jenisnya, maka itu saat menyimpan keju juga harus disesuaikan dengan jenisnya. Keju ada yang disimpan di tempat sejuk, ada yang harus di kulkas dan ada juga yang wajib disimpan di tempat bersih dan tertutup.

Hindari menyimpan keju dengan makanan berbau menyengat

Keju memiliki rasa dan aroma khas, maka itu hindari menyimpan keju dengan makanan berbau menyengat. Kenapa demikian? Karena dikhawatirkan keju akan tertular aroma menyengat tersebut yang dapat mengubah rasanya.

Jangan merusak kotak kemasannya

Jika Anda ingin menyisakan keju, maka usahakan jangan merusak kotak kemasannya.  Anda bisa memakai kembali kemasan yang ada, tapi jangan lupa merapatkan kembali kemasannya. Jika merasa kurang sreg, Anda bisa menambahkan lapisan lain di bagian luarnya, mislanya : plastik/wadah tertutup.

Simpan Keju di wadah tertutup dan tempat sejuk

Setelah keju dikemas secara tertutup, Anda bisa menyimpan dalam kulkas atau bisa juga di tempat sejuk. Membiarkan keju terbuka di suhu ruang akan membuatnya terkena angin/udara sehingga membuat keju kering. Bahkan ada juga jenis keju yang ketika disimpan di tempat kering dapat meleleh/mencair.

Apabila Keju berjamur, maka

Kadangkala salah penyimpanan membuat sebagian keju berjamur. Jika mendapati kondisi demikian, maka amati rasa dan aroma keju, apabila masih aman, Anda bisa membuang yang berjamur dan mengonsumsi keju yang masih bagus. Tapi jika terlihat buruk dari tekstur, rasa dan aroma, sebaiknya buang saja agar tidak menyebabkan masalah.
Semoga informasi tentang cara menyimpan keju diatas dapat bermanfaat bagi kita semua.

cara menyimpan keju tanpa kulkas

cara menyimpan keju cheddar tanpa kulkas

cara menyimpan keju mozarella yang sudah dibuka

cara menyimpan keju edam

cara menyimpan keju prochiz

cara menyimpan keju tanpa lemari es

ciri keju basi

daya simpan keju mozarella

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
Related Posts
Disqus Comments