Tips Mudah Agar Lele Tidak Berlendir dan Bau Amis

Kreasi Mama Punya Cerita - Siapa sich yang tidak tergoda dengan gurih dan lembutnya daging ikan lele? Lele termasuk satu jenis ikan yang banyak difavoritkan oleh hampir semua kalangan. Selain karena rasanya yang gurih, daging lele juga memiliki tekstur yang lembut dan harganya juga lumayan ramah di kantong. Ikan lele bisa diolah menjadi aneka hidnagan lezat, dari mulai lele goreng, lele bakar, lele mangut, pepes, dan lain sebagainya. Cara memasak lele juga terbilang mudah, hanya saja kita harus paham triknya agar hasil masakan tidak amis dan enaknya maksimal. Salah satu masalah yang sering dihadapi saat masak ikan lele adalah lendir di tubuh lele yang berlebihan dan aroma amisnya. Tips Cara Benar Menyimpan Keju Agar Tidak Rusak
cara bersihkan ikan lele
Jangan khawatir, disini kita akan membagikan tips dan cara mudha agar lele tidak berlendir dan bau amis, diantaranya adalah : Jajanan Kekinian, Martabak Pislor yang Mantab Banget di Lidah. Ini Resep Cara Buatnya

Bersihkan kotoran dan jerohannya

Sebelum diolah, pastikan bersihkan lebih dulu kotoran dan jerohan yang ada di bagian perut lele. Cara ini dilakukan agar lele tidak amis dan rasanya juga tidak pahit.

Rendam dalam air jeruk nipis

Agar ikan tidak amis, Anda bisa menambahkan air perasan jeruk nipis pada tubuh lele. Baluri secara merata dan diamkan selama kurang lebih 15 menit.

Baluri garam

Nah, untuk masalah lendir pada tubuh ikan lele, Anda bisa menaburi sesendok garam/lebih pada air jeruk nipis yang digunakan untuk merendam. Jangan lupa ratakan agar tubuh lele bebas lendir ya! cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan membaluri tepung terigu setelah direndam dalam air jeruk nipis.

Bilas bersih

Setelah direndam dalam air jeruk nipis dna garam, pastikan bilas kembali ikan hingga bersih menggunakan air mengalir. 

Rendam dalam bumbu

Jika ingin membuat ikan lele goreng, pastikan rendam ikan lele dalam bumbu rempah agar rasanya gurih dan aromanya juga lebih menggoda. Bumbu rendaman yang biasa dipakai antara lain : ketumbar, bawang putih, garam, kunyit, jahe dan lainnya.

Goreng hingga kering kecokelatan

 Setelah dibumbui, lele bisa digoreng hingga kering kecokelatan. Jangan terlalu sering dibalik agar lele tidak lengket dan hancur. 
Sudah jelas khan bagaimana cara menghilangkan lendir ikan lele dan aroma amisnya. Semoga infromasi diatas dapat bermanfaat bagi kita semua.

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
Related Posts
Disqus Comments